Penerapan
Psikologi Belajar dalam Solusi dan pemecahan masalah
Kegiatan belajar dengan mengedepankan solusi dari permasalahan, tidak harus menggunakan alat tulis akan tetapi dengan kegiatan yang perlu diberitahukan ke orang tua, salah satunya kegiatan tukar kado.
Dengan
dasar psikologi Belajar, dan teori Discovery
Learning, yaitu belajar menemukan konsep dari permasalahan yang dihadapi,
melalui pengalaman diri. Bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif, apabila guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menemukan suatu aturan melalui contoh-contoh yang dilihatnya,
maka solusi yang diambil penulis sebagai guru merupakan implementasi dari teori
Discovery Learning, dengan langkah sebagai berikut:
1. Melakukan
pengamatan siswa yang bersangkutan dengan kasus.
2. Mencari
informasi data dari teman dan guru sebelumnya.
3. Melakukan
pendekatan personal terhadap siswa yang terkena kasus.
4. Melakukan
proses pembelajaran berbasis kolaborasi antara pengembangan perilaku dan
akademik.
5. Memposisikan
fungsi guru sebagai gantinya orang tua, mendidik, melayani, dan memperhatikan
dengan ketulusan hati. Bukan sekedar guru yang mentransfer ilmu dan membuat
takutnya siswa.
6. Melakukan
pendekatan dan komunikasi dengan orang tua siswa. Sampai mendapatkan informasi
yang detail untuk melakukan solusi dan langkah berikutnya, agar siswa tidak
mengalami kesulitan dalam belajar.
Dari apa yang
dilakukan guru dapat dirasakan siswa bahwa gurunya adalah orang tua kedua yang
berada disekolah, sehingga siswa belajar dengan rasa aman dan nyaman. Serta orang tua juga
merasa ikhlas sepenuh hati melepas putra putrinya belajar di sekolah. Sehingga
terjadi sinkronisasi pembelajaran siswa antara rumah dan sekolah. Dengan
demikian meningkatkan rasa kepercayaan
orang tua terhadap lembaga sekolah tersebut.