4 Prinsip Pembelajaran di Sekolah Dasar
Sudut Pembelajaran IPS di Kelas 3 SD, 'Tidak harus teori dan hafalan, namun menggunakan media kertas lipat dapat lebih menarik perhatian, dan menyenangkan bagi anak.
Pembelajaran
di SD hendaknya memperhatikan empat prinsip 1) prinsip latar belakang, adalah
keadaan dimana siswa telah mengetahui hal lain secara langsung atau tidak langsung
dengan bahan yang akan dipelajari 2) prinsip belajar sambil bekerja sangat
penting karena pengalaman yang diperoleh melalui bekerja tidak mudah dilupakan
3) prinsip belajar dan bermain, penting karena bermain merupakan keaktifan
siswa yang dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan. Suasana seperti ini
akan mendorong siswa untuk belajar lebih giat 4) prinsip belajar keterpaduan,
mengharapkan agar guru dalam menyampaikan materi hendaknya mengaitkan antara
materi yang satu dengan materi yang lain, baik dalam satu bidang studi maupun
dengan bidang studi lainnya. Pemaduan konsep dapat membuat materi pelajaran
lebih bermakna (Depdikbud, 1994).
Salah satu contoh strategi pembelajaran yang digunakan adalah stratei Contektual Teaching and
learning. dan terkait dengan
Pendidikan Berorientasi Kecakapan hidup (life skill) terutama pada mata
pelajaran IPS .Beberapa gagasan serta kebijakan pemerintah yang mendasari Pengelolaan Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) di sekolah antara lain mengenai Empat Pilar Pendidikan
yaitu belajar untuk mengetahui (learning to know), belajar untuk melakukan
(learning to do), belajar untuk menjadi diri sendiri/mandiri (learning to be),
belajar untuk kebersamaan (learning to life together).
Dalam pembelajaran Pendidikan IPS, manajemen sumber
belajar sangat penting sehingga alternatif pemilihan materi ajar lebih bersifat
strategis dan menghindari text book thinking. Sesuai dengan
metodologi pengajaran, pendidikan IPS dapat ditampilkan dalam kombinasi
pembelajaran berbasis inkuiri, problematika, kontribusi, dan etos kerja aktual.
Hal tersebut dapat direalisasi dengan menggunakan Model Pembelajaran Tematik
Pembelajaran Tematik sebagai suatu konsep merupakan pembelajaran yang
melibatkan beberapa pokok bahasan, sub pokok bahasan, atau beberapa bidang
studi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dengan
pendekatan Tematik siswa akan memahami konsep yang dipelajari melalui
pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah dipahami
sebelumnya.