Senin, 22 September 2014

Prinsip Pembelajaran di Sekolah Dasar

Unknown   at  00.44  No comments


          4 Prinsip Pembelajaran di Sekolah Dasar

Sudut Pembelajaran IPS di Kelas 3 SD, 'Tidak harus teori dan hafalan, namun menggunakan media kertas lipat dapat lebih menarik perhatian, dan menyenangkan bagi anak.

          Pembelajaran di SD hendaknya memperhatikan empat prinsip 1) prinsip latar belakang, adalah keadaan dimana siswa telah mengetahui hal lain secara langsung atau tidak langsung dengan bahan yang akan dipelajari 2) prinsip belajar sambil bekerja sangat penting karena pengalaman yang diperoleh melalui bekerja tidak mudah dilupakan 3) prinsip belajar dan bermain, penting karena bermain merupakan keaktifan siswa yang dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan. Suasana seperti ini akan mendorong siswa untuk belajar lebih giat 4) prinsip belajar keterpaduan, mengharapkan agar guru dalam menyampaikan materi hendaknya mengaitkan antara materi yang satu dengan materi yang lain, baik dalam satu bidang studi maupun dengan bidang studi lainnya. Pemaduan konsep dapat membuat materi pelajaran lebih bermakna (Depdikbud, 1994).
           
          Salah satu contoh strategi pembelajaran yang digunakan adalah stratei Contektual Teaching and learning. dan terkait dengan Pendidikan Berorientasi Kecakapan hidup (life skill) terutama pada mata pelajaran IPS .Beberapa gagasan serta kebijakan pemerintah yang mendasari Pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah antara lain mengenai Empat Pilar Pendidikan yaitu belajar untuk mengetahui (learning to know), belajar untuk melakukan (learning to do), belajar untuk menjadi diri sendiri/mandiri (learning to be), belajar untuk kebersamaan (learning to life together).
   
         Dalam pembelajaran Pendidikan IPS, manajemen sumber belajar sangat penting sehingga alternatif pemilihan materi ajar lebih bersifat strategis dan menghindari text book thinking. Sesuai dengan metodologi pengajaran, pendidikan IPS dapat ditampilkan dalam kombinasi pembelajaran berbasis inkuiri, problematika, kontribusi, dan etos kerja aktual. Hal tersebut dapat direalisasi dengan menggunakan Model Pembelajaran Tematik Pembelajaran Tematik sebagai suatu konsep merupakan pembelajaran yang melibatkan beberapa pokok bahasan, sub pokok bahasan, atau beberapa bidang studi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada  siswa. Dengan pendekatan Tematik siswa akan  memahami konsep yang dipelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah dipahami sebelumnya.


Tags:
About the Author

Write admin description here..

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengunjung

© 2013 Goresan Senja. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9Published..Blogger Templates
Blogger templates. creative by Ahmad.