Siswa antusias dalam memperhatikan
ketika dijelaskan guru menggunakan Media Pembelajaran
Media pembelajaran sebagai bagian dari teknologi
pembelajaran memiliki enam manfaat potensial dalam memecahkan masalah
pembelajaran, yaitu: a. Meningkatkan produktivitas pendidikan ( Can make
education more productive).
Dengan media dapat meningkatkan produktivitas pendidikan antara lain dengan
jalan mempercepat laju belajar siswa, membantu guru untuk menggunakan waktunya
secara lebih baik dan mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi,
sehingga guru lebih banyak membina dan mengembangkan kegairahan belajar siswa .
b. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual (Can make
education more individual). Pembelajaran menjadi lebih bersifat individual
antara lain dalam variasi cara belajar siswa, pengurangan kontrol guru dalam
proses pembelajaran, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang
sesuai dengan kemampuan dan kesempatan belajarnya. c. Memberikan dasar yang
lebih ilmiah terhadap pembelajaran ( Can give instruction a more scientific
base). Artinya perencanaan program pembelajaran lebih sistematis, pengembangan
bahan pembelajaran dilandasi oleh penelitian tentang karakteristik siswa,
karakteristk bahan pembelajaran, analisis instruksional dan pengembangan disain
pembelajaran dilakukan dengan serangkaian uji coba yang dapat dipertanggung
jawabkan secara ilmiah. d. Lebih memantapkan pembelajaran (Make instruction
more powerful).
Pembelajaran menjadi lebih mantap dengan jalan
meningkatkan kapabilitas manusia menyerap informasi dengan melalui berbagai
media komunikasi, di mana informasi dan data yang diterima lebih banyak,lengkap
dan akurat. e. Dengan media membuat proses pembelajaran menjadi lebih
langsung/seketika (Can make learning more immediate). Karena media mengatasi
jurang pemisah antara pebelajar dan sumber belajar, dan meng-atasi keterbatasan
manusia pada ruang dan waktu dalam memperoleh informasi, dapat menyajikan
“kekongkritan” meskipun tidak secara langsung. f. Memungkinkan penyajian pembelajaran
lebih merata dan meluas (Can make access to education more equal).
Media merupakan alat bantu dalam kegiatan
pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan yang diinginkan.
Menuru Giagne dan
Briggs, media adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung
materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk
belajar