Bercerita,
merupakan
Methode yang Menarik bagi Siswa Kelas Rendah
Bercerita tanpa alat dengan para siswa kelas 1 SD
Bercerita dengan alat
Methode bercerita merupakan salah satu method yang
digunakan para guru dalam pembelajaran. Pembelajaran dapat menarik jika seorang
gru tersebut pandai memilih method. salah satu contohnya adalah bercerita, “Konon
disuatu tempat…ds” demikian sering digunakan sebagai awal cerita. Begitu guru
mengucapkan kata-kata seperti tadi
Spontan para siswa duduk tenang menunggu apa yang akan dilanjutkan oleh
sang guru dalam ceritanya. Dalam melakukan cerita tersebut banyak sekali cara
dan medianya. Diantaranya bercerita dengan alat dan tidak dengan alat.
Bercerita bisa menggunakan alat bantu, tetapi bisa juga secara langsung
bercerita. Jika bercerita tanpa alat bantu maka dilakukan guru seperti
mendalang. Penekanan pada intonasi suara sang guru. akan tetapi jika menggunakan
alat bantu, maka yang paling utama adalah bagaimana ujud dati alat bantu
tersebut sehingga cerita menjadi lebih menarik.
Cara menggunakan metodhe ini, jika menggunakan alat maka titik berat pada penampilan alat yang digunakan serta kesinambungan antara alat dan isi cerita. Untuk ekspresi guru cenderung tidak diutamakan dikarenakan perhatian anak diarahkan pada alat bantu yang digunakan.
Jika ceritanya tanpa alat, maka yang paling utama adalah ekspresi, intonasi dan gaya guru dalam membawakan cerita. Suara guru sesuai dengan pelaku cerita harus pas dan dapat diikuti para siswa.