Selasa, 30 September 2014

PKS Implikasi pendekatan Scientific

Unknown   at  17.23  No comments



Pendidikan Kedisplinan dan kemandirian melalui Polisi Sahabat Anak

 Salah satu anggota PKS sedang diberi pengarahan oleh Poltas yang bertugas

 

Securitypun terjun dalam pendampingan petugas PKS
           
           Pak Polisi-pak Polisi Selamat Datang
      Bu Polisi-bu Polisi Selamat jumpa
         Kami anak-anak sayang kepadamu
           Pak polisi dan bu Polisi Indonesia 2x
Sebait lagu yang mengingatkan penulis pada puluhan tahun yang telah lalu. Lagu itu muncul ketika kesan bpk Polisi dan Ibu Polisi menjadi sosok yang menakutkan, terutama dikalangan anak-anak. Kadang orang tua juga menggunakan nama bpk Polisi untuk menakut-nakuti anak-anaknya ketika berbuat yang kurang diinginkan.
Saat ini kesan itu berbalik ketika pihak kepolisian mempunyai program Polisi sahabat anak. Program itu disambut baik oleh pihak sekolah. banyak Program yang berkaitan dengan hal tersebut, seperti halnya pendidikan lalu lintas bagi anak sekolah, pendidikan baris- berbaris bagi para siswa, pendidikan keselamatan Sekolah. Program itu dilaksanakan melalui Pembinaan bagi para siswa baik diminta atau tidak oleh pihak sekolah.
PKS (Patroli Keamanan Sekolah) kegiatan ini terlahir pada tanggal 5 Mei 1965 merupakan kegiatan ekstrakurikuler bagi para siswa di sekolah. Biasanya dilaksanakan di Sekolah-sekolah tingkat menengah keatas. Namun kali ini penulis temui di SD IT Yabis Bontang. kata patroli identik dengan tugas para Keamanan lingkungan, baik kepolisian, security, ataupun keamanan pemerintah/ Satpol.
Seiring dengan berlakunya Kurikulum 2013 dengan cirri khususnya pendekatan Scientific. Salah satu cirri pendekatan ini adalah materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika dan penalaran tertentu, bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda atau dongeng semata.
 SD IT Yabis Bontang menambahkan program pendidikan kemandirian anak, kedisiplinan dan ketertiban melalui kegiatan PKS. SD IT Yabis yang terletak dijantung Kota Bontang, dengan situasi lalu lintas cukup padat, apalagi pada jam-jam masuk sekolah dan jam pulang sekolah. Para siswa setiap pagi dan sore ketika pulang sekolah melihat, dan mengamati petugas dari kepolisian yang mengatur lalu lintas. Tugas tersebut dibantu oleh para Security Yayasan Yabis. Dari pengamatan tersebut para siswa diperkuat pengetahuan melalui pendidikan/ pelatihan PKS bagi para siswa yang berminat. Pelatihan dilakukan oleh pihak Kepolisian Resort kota Bontang.
Setelah mendapatkan ilmu tersebut para siswa diterjunkan praktek dilapangan. Membantu mengatur lalu Lintas di Lingkungan Yayasan Yabis. Konsep pembelajaran praktek langsung akan memberikan pengalaman khusus bagi para siswa yang terlibat maupun yang melihat. Pendidikan PKS disekolah merupakan salah satu implikasi dari pendekatan Scientific.

Tags:
About the Author

Write admin description here..

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengunjung

© 2013 Goresan Senja. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9Published..Blogger Templates
Blogger templates. creative by Ahmad.