Selasa, 10 Maret 2015

Media TIK

Unknown   at  05.35  No comments




 

Jenis-jenis media pengajaran

Media yang dapat digunakan dalam pengajaran terdiri atas berbagai macam jenis namun secara khusus media tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu : (1) Media Visual (2) Media Audio (3) Media Audio-Visual  dan (4) Benda asli.
1.      Media Visual
Media visual yaitu media yang dapat ditangkap dengan menggunakan indera penglihatan. Jenis media ini terdiri dari:
a.       Media Gambar Dalam (still pictures) dan Grafis contohnya : Grafik, Bagan, Peta, Diagram, poster, karikatur, komik, gambar mati, photo.
b.      Media Papan contoh: papan tulis, papan flannel, papan temple dan papan pameran.
c.       Media dengan proyeksi contohnya: slide, film strips, Opague projector, transparansi, microfilm.
2.      Media Audio
Media Audio merupakan media yang menggunakan indera pendengar. Media ini memiliki kerakteristik pemanipulasian pesan hanya dilakukan melalui bunyi atau suara-suara. Media ini sangat cocok untuk kepentingan pengajaran bahasa (Mulyani sumantri, 1999:186). Yang termasuk dalam jenis media ini antara lain: Cassette tape recorder dan radio.
3.      Media Audio-Visual
Media ini merupakan media yang selain bisa dipandang atau dilihat juga dapat didengar. Jenis media ini antara lain : Televisi dan video.
4.      Benda asli atau orang.
Merupakan media yang terdiri atas benda asli atau benda sebenarnya yang membawa pangalaman nyata bagi peserta didik  misalnya : Specimen (bagian dari bagian benda yang sebenarnya), Museum, laboratorium luar sekolah, darma wisata dan lain-lain.
            Dari empat jenis media tersebut di atas ketika dikaitkan dengan pembelajaran untuk sekolah dasar untuk kurikulum 2013 tentu saja media yang paling efisien dan efektif serta mudah diperoleh untuk pembelajaran tentu saja media audio- visual dalam bentuk video pembelajaran karena mudah  dan gampang untuk dibuat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi

Tags:
About the Author

Write admin description here..

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengunjung

© 2013 Goresan Senja. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9Published..Blogger Templates
Blogger templates. creative by Ahmad.